oleh

Ternyata Memegang Es Dengan Tangan Telanjang Dapat Membuat Kulit Terbakar Loh

Anda mungkin cukup sudah seringkali alami kulit terbakar karena sengatan matahari. Akan tetapi, tahukah Anda jika suhu dingin dari es dapat juga mengakibatkan hal sama? Karena sangat dinginnya, kadang kulit dapat meradang sampai muncul sensasi terbakar sesudah menyentuh es batu. Keadaan ini dikatakan sebagai radang dingin atau ice burn.

 

Apakah itu radang dingin?

Suhu panas serta dingin nyatanya saling dapat merubah kesehatan kulit. Bila Anda memegang es batu atau terkena angin yang begitu dingin serta kulit langsung meradang, jadi bisa saja Anda alami radang dingin (ice burn atau frostbite).

 

Radang dingin ialah keadaan waktu jaringan badan membeku serta rusak oleh paparan suhu rendah (dingin). Sebelumnya, kulit akan sangat terasa dingin, kemerahan, perih, serta semakin lama mati perasaan. Perihal ini biasanya berlangsung di bagian tangan, kaki, hidung, serta telinga, sebab beberapa bagian badan itu biasanya tidak terproteksi oleh baju hingga lebih rawan terserang pergantian suhu di luar.

 

Perasaan perih serupa seperti kulit terbakar umumnya berlangsung sesudah Anda bersentuhan lumayan lama dengan beberapa benda yang suhunya begitu rendah. Contohnya waktu Anda memegang es batu kelamaan atau langsung tempelkan es batu ke kaki yang keseleo tiada dibalut dengan kain terlebih dulu. Suhu dingin dari es dapat menyebabkan kulit terbakar serta kemerahan dalam sesaat sesudahnya.

 

Mengapa es batu dapat membuat kulit terbakar?

Waktu alami kram otot atau cedera, kompres es batu umumnya jadi pertolongan pertama yang seringkali dikerjakan. Langkah tersebut memang bisa menolong merilekskan otot-otot yang kaku. Akan tetapi jika Anda langsung menempelkannya pada kulit tiada dibalut dengan kain terlebih dulu, jadi kulit Anda malah dapat meradang.

 

Perihal ini bisa berlangsung sebab ketidaksamaan suhu pada kulit serta es. Suhu kulit condong hangat, sesaat suhu es begitu rendah alias dingin. Saat es batu bersentuhan dengan permukaan kulit, jadi panas di kulit cuma dapat dilepaskan sekejap.

 

Mengakibatkan, kandungan air di beberapa sel kulit jadi membeku serta mulai mengakibatkan kerusakan susunan sel di bawahnya. Suhu dingin dari es ikut membuat pembuluh darah di dekat kulit mulai menyempit.

 

Hal itu mengakibatkan saluran darah ke arah ruang kulit yang meradang jadi makin menyusut serta jadi parah rusaknya pada kulit. Kulit juga berasa perih menusuk seperti terbakar.

 

Sinyal serta tanda-tanda radang dingin

tanda-tanda alergi dingin

 

Orang yang seringkali menggenggam es batu, terpenting es kering alias biang es, pasti lebih beresiko alami radang dingin. Bukan hanya sebab es batu, perihal ini dapat juga berlangsung bila Anda terserang paparan angin yang begitu dingin, cepat, serta dalam tempo yang lama.

 

Pada intinya, tanda-tanda kulit terbakar karena es serupa seperti karena sengatan matahari. Langkah paling mudah untuk mendeteksinya yaitu dengan lihat terdapatnya pergantian pada warna kulit. Perumpamaannya, kulit dapat beralih jadi kemerahan, tetapi juga bisa jadi putih pucat atau kuning keabu-abuan.

 

 

Sinyal serta tanda-tanda radang dingin yang lain mencakup:

 

Kulit dingin serta menusuk

Kulit gatal serta ngilu

Struktur kulit beralih bertambah keras atau malah lembek seperti lilin

Kebas atau mati perasaan

Apa radang dingin beresiko?

menyembuhkan abuh

 

Sama seperti dengan kulit terbakar karena sengatan matahari, kulit yang meradang karena paparan es batu biasanya bisa diatasi dengan gampang. Contohnya saja, radang dingin mudah atau frostnip condong tidak mengakibatkan rusaknya kulit permanen.

 

Anda bisa menyembuhkan permasalahan kulit yang satu ini dengan merendamnya ke air hangat saat 20 menit. Sesudah itu, balut ruang kulit yang terinfeksi dengan kain hangat agar suhu kulit jadi bertambah cepat konstan.

 

Akan tetapi, bila kulit Anda berasa makin sakit serta meradang, ini berarti suhu dingin dari es telah mulai mengakibatkan kerusakan kulit lebih dalam sampai ke jaringan, otot, atau bahkan juga tulang.

 

Radang dingin yang kronis bisa menyebabkan komplikasi berbentuk infeksi serta rusaknya saraf selanjutnya bila tidak secepatnya diatasi. Jadi itu, selekasnya tanyakan ke dokter bila Anda merasakannya.

 

Konsep Cantik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *